You are here
Home > Artikel > Gerakan Janur Kuning Operasi Ramadhania di Yogyakarta

Gerakan Janur Kuning Operasi Ramadhania di Yogyakarta

Gerakan Janur Kuning Operasi Ramadhania Yogyakarta
Gerakan Janur Kuning Operasi Ramadhania Yogyakarta

Menjelang akhir bulan ramadhan kepolisian republik Indonesia akan mengadakan operasi ramdhania. Operasi ini dilakukan serentak diseluruh daerah di Indonesia. Operasi ramadhania bertujuan untuk membantu masyarakat supaya lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa. Operasi bulan ramadhan juga membantu masyarakat untuk mudik dengan turut mengawasi dan memperlancar arus kendaraan selama arus mudik dan balik berlangsung.  Kalau dulu operasi ramadhani dikenal dengan nama operasi ketupat dan oleh  kapolri saat itu Jendral Polisi Badrodin Haiti diganti  dengan operasi ramadhania karena permintaan Presiden Jokowi untuk mengganti nama operasi ketupat.

Polda DIY melakukan buka bersama penggiat media sosial yogyakarta
Polda DIY melakukan buka bersama penggiat media sosial yogyakarta

Polda Daerah Istimewa yogyakarta juga melakukan operasi ramadhania. Operasi ramadhania di Yogyakarta diberi nama gerakan janur kuning. Operasi Ramadhania 2017 ini berlangsung pada tanggal 19 Juni 2017 sampai 27 Juni 2017. Untuk Mensosialisasikan di mediasosial Polda DIY melaunching hashtag #gerakanjanurkuning. Pembaca bisa mencari tahu tentang gerakan ini dengan melihat hashtag #gerakanjanurkunind dimediasosial mereka. Polda DIY melaunching operasi ini dengan melibatkan penggiat media sosial dan blogger yang dikemas dalam buka bersama Kapolda DIY dan staff di hotel sahid rich hotel. Banyak penggiat media sosial yang datang ada beberapa akun besar dari masyarakat digital jogja juga datang dan turut terlibat menjadikan hashtag #gerakanjanurkuning menjadi trending tropik nomor dua di Indonesia hanya selama acara berlangsung. Acara ini juga dihadiri oleh pendiri Info Cegatan Jogja (ICJ) mas antok. Mungkin ada yang masih belum tahu icj, icj adalah grup facebook yang terdiri dari masyarakat jogja yang sekarang anggotanya sudah mencapai 600.000 orang. Grup ini sangat efektif untuk mensosialisikan informasi ke masyarakat jogja di dunia maya. Apalagi kapolda juga sering menyempatkan waktu untuk melihat informasi yang ada digrup sehingga issue yang beredar bisa ditindaklanjuti.
Gerakan janur kuning sendiri merupakan gerakan untuk menandai pengemudi kendaraan bermotor yang tidak sesuai aturan dengan janur kuning. Kenapa hal ini dilakukan? karena selama operasi ramadhania di jogja seminal mungkin untuk meminimalisir polisi menjatuhkan tindak pelanggaran (tilang) selama operasi berlangsung. Kalau terjadi tilang itu dilakukan secara selektif kalau benar-benar pengemudi terlalu melanggar peraturan dengan parah.Dengan ditandai janur kuning maka pengemudi dengan tanda di kendaraanya sudah merasa bersalah dan siap bersedia bertanggung jawab apabila terjadi resiko buruk di jalan raya yogyakarta
Nah, bagi pengendara yang lain apabila berkendara dijalanan yogyakarta dan melihat didepannya ada kendaraan bermotor yang ada tanda janur kuningnya sebaiknya langsung di salip saja. Kalau misalnya terjadi kecelakan dijalan kendaraan yang dibelakangnya bisa ikut kecelakaan beruntun kan bisa bahaya.
Demikian artikel kali ini tentang gerakan janur kuning dari polda DIY. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa

Top